Bagi Yang suka Main Piano

Sabtu, 28 Agustus 2010

REKENING YANG SEBAIKNYA ANDA PUNYA

REKENING YANG SEBAIKNYA ANDA PUNYA

Dengan semakin banyaknya bank disekitar kota anda dan rumah anda maka variasi memilih dan membuka rekening di bank lebih besar, tinggal pilih bank mana yang banyak memberikan manfaatnya.

Inilah rekening yang sebaiknya anda punya apabila anda sudah berkeluarga :

1. Rekening pribadi Anda

Rekening ini berfungsi untuk keperluan pribadi anda seperti; makan siang, Transportasi, pulsa, hiburan, dll

2. Rekening pribadi suami

Rekening ini juga berfungsi sama dengan diatas yaitu untuk keperluan harian, seperti treansportasi, makan, pulsa, dll

3. Rekening untuk keperluan keluarga

Rekening ini berfungsi untuk menampung semua pengeluaran bulanan keluarga Anda misalnya: belanja bulanan, listrik, telepon, PAM, angsuran mobil, KPR, Gaji pembantu, dll. Siapa yang harus memegang rekening ini tergantung kesepakatan, biasanya sang istri, karena istri dianggap lebih disiplin dalam mengelola keuangan keluarga anda. Disamping itu mengetahui urusan-urusan dalam rumah. Jangan sia-siakan kepercayaan ini ya istri2 tersayang.!

4. Rekening Tabungan

Rekening ini harus disendirikan ada baiknya apabila anda tidak membuat ATM untuk rekening ini guna membatasi akses anda ataupun suami. Rekening tabungan ini berfungsi untuk menampung tabungan keluarga anda, tentunya anda harus menyisihkan dana yang tidak sedikit untuk persiapan pendidikan anak, tabungan pensiun, dana darurat, dll. Untuk simpanan ini, tentunya tidak harus dalam bentuk cash di bank anda juga bisa membelikan assets lain agar tidak tergoda untuk mengambilnya. Motivasi untuk memiliki rekening bersama biasanya adalah untuk mengontrol penge-

luaran bulanan keluarga. Seperti yang kita tau, kalau anda memiliki rekening sendiri, maka anda biasanya akan bebas mengambil uang anda kapanpun anda mau dan untuk tujuan apa saja. Ini jelas tidak sehat dalam mengatur uang dalam keluarga.

Lain halnya kalau uang itu ada di sebuah rekening bersama, dimana seseorang tidak bebas mengambil uang di rekening itu untuk keperluan lain di luar yang sudah anda sudah sepakati dengan pasangan. Hal ini biasanya secara ytidak langsung akan dapat menekan pengeluaran-pengheluaran yang tidak perlu dari pasangan suami- istri.

Inilah rekening yang cocok dibuka oleh keluarga yang memiliki penghasilan rutin berupa gaji dan penghasilan dalam bentuk usaha pribadi. Dengan memisahkan re kening anda dalam keluarga sesuai keperluannya, maka anda terlatih mendisiplin diri dalam mengelolah uang ditangan disam;ping itu membedakan keperluan uang sesuai peruntukkannya.

Mulailah sekarang mengelolah uang dengan baik dengan membuka rekening sesuai peruntukkannya, jangan tunggu sampai anda merasa sudah mempunyai pendapatan yang cukup baru melaksanakannya. Ingat nilai waktu atas uang (Time Value of Money), nilai uang sekarang ditangan anda tidak akan sama satu atau dua tahun mendatang biasanya akan lebih kecil, tetapi bila uang diinvestasikan apakah tabungan atau membeli assets yang memberikan hasil dikemudian hari maka nilai akan bertambah. Pandai-pandailah memilih bank dengan manfaat yang lebih bagus dari bank yang lain. Selamat mencoba semoga bermanfaat.

Saya Sarankan Anda Baca Juga



Tidak ada komentar:

Posting Komentar